MAKANAN DENGAN KADAR ASAM FOLAT TINGGI


Asam Folat atau lebih popular dinamakan vitamin B9 sangat baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki fungsi penting bagi regenarasi sel, pembentukan sel darah merah dan sert perbaikan DNA. Asam Folat merupakan vitamin yang Esensial artinya keberadaanya tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia itu sendiri sehingga membutuhkan asupan dari luar baik itu berupa buah atau sayuran.
http://www.berceritra.web.id/2015/07/buah-dan-sayuran-yang-mengandung-kadar.html

Dampak yang disebabkan kekurangan asam folat telah banyak kita ketahui baik itu dari media televisi, internet ataupun majalah yang seperti dapat kita rangkum sebagai berikut yaitu :
  • Pada Ibu Hamil : akan menyebabkan dinding rahim lemah sehingga berpotensi terjadinya keguguran
  • Pada Bayi : Akan lahir dengan kecacatan fisik dan Mental
  • Pada orang dewasa : akan cenderung mengidap penyakit alzheimer dan kanker.

Jadi untuk menghindari hal-hal yang demikian dibutuhkan usaha kita untuk mendapatkan asupan nutrisi asam folat yang berasal dari berbagai macam buah-buahan dan juga sayur-sayuran sebagai berikut :

1. Asparagus & Brokoli
Kadar kandungan Asam Folat sama besar dengan kandungan yang dikandung oleh bayam yaitu sekitar 65% asupan asam follat harian tubuh anda, sedangkan brokoli memberikan asupan nutrisi asam folat sebesar 40% yang dibutuhkan nutrisi harian tubuh.
2. Sayuran Berdaun Hijau Tua
Sayuran berdaun hijau tua seperti sawi dan bayam, Jenis makanan ini memberikan asupan asam folat sebesar 65% dari kebutuhan asam folat harian anda, nah jangan pikir kalok sawi dan bayam adalah makanan kaum pinggiran, karena makanan ini sangat dibutuhkan masyarakat yang menginginkan nutrisi asam folat yang tinggi.
3. Kecambah
Sumber asam folat yang satu ini sudah lama terdengar di telinga saya, banyak dari para bidan ataupun dukun sekalipun merekomendasikan kecambah sebagai salah satu nutrisi yang mengandung asam folat yang tinggi, kecambah menyumbah sekitar 25 % asupan asam follat harian bagi tubuh kita.
Namanya sudah sangat populer di kalangan masyarakat karena sudah banyak dikonsumsi sebagai bahan dasar berbagai macam gorengan, jadi bagi anda yang ingin menambah asupan asam folat tidak usah bersusah payah mendapatkannya.
4. Biji-bijian & Buah-buahan
Biji-bijian yang termasuk dalam penyumbang asam folat terbesar adalah biji bunga matahari atau sering kita sebut dengan nama kwaci, biji wijen, biji rami, biji-bijian tersebut mengasup nutrisi bagi tubuh kita sebesar 20 % bagi tubuh.
Buah jeruk merupakan buah penyumbang asam folat tertinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk di konsumsi ibu hamil, adapun fungsi yang lebih kita tahu adalah memberikan asupan vitamin c terbesar untuk tubuh kita.
5. Wortel & Tomat
Disamping mengandung vitamin A, wortel juga termasuk sebagai pengasup asam amino tubuh sebesar 5 % meskipun demikian potensinya terhadap tubuh sangat besar seperti halnya tomat yang kaya akan serat untuk metabolisme tubuh kita.
Demikian berbagai macam sumber asupan makanan yang menghasilkan asam folat yang tinggi buat tubuh kita semoga bermanfaat

0 Response to "MAKANAN DENGAN KADAR ASAM FOLAT TINGGI"

Posting Komentar