5 Hal yang harus diperhatikan sebelum pindah kerja

Mendapatkan sebuah pekerjaan yang lebih baik dan bergaji besar menjadi harapan setiap pekerja, tak heran banyak dari para pekerja berbondong-bondong mencari lowongan dengan gaji tinggi dan posisi menggiurkan. 


Namun perlu anda ketahui tips dan trik yang harus anda lakukan sebelum anda menyesal untuk pindah kerja, hal ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam hal berpindah-pindah tempat kerja demi mendapatkan pengalaman dan tantangan baru dalam sebuah pekerjaan, berikut tips dalam berpindah kerja :

1. Pastikan pekerjaan itu memilki posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi anda sebelumnya.

Hal dijadikan sebuah patokan umum bagi para pencari kerja sebagai lambang dari kemajuan bukan kemunduran, dan juga posisi yang lebih berbanding lurus dengan jumlah gaji yang akan anda dapatkan. 
Perlu diingat jika anda memilih posisi yang sama maka perkembangan karur anda akan monoton sehingga memberi dampak buruk bagi karir anda ke depan, jutaan orang mendambakan posisi tersebut dan biarkan waktu yang akan memberikan pengalaman di posisi terbaru anda.

2. Financial 

Pastikan tempat kerja yang baru menawarkan gaji yang lebih besar dari gaji anda sebelumnya akan tetapi anda harus melakukan kalkulasi terhadap jumlah biaya yang akan anda habiskan. Setelah perbandingan diatas baru anda bisa mengambil keputusan, meskipun gaji besar namun jarak serta transportasi menguras banyak tenaga serta finansial lebih sehingga anda harus minus diakhir bulan maka sebaiknya anda menolak pekerjaan ini.

3. Sebelum Anda pindah pastikan hitam putih

Sebuah fenomena dimana banyak dari para pekerja termasuk beberapa rekan kerja saya terjebak dalam sebuah janji pekerjaan tanpa melakukan tanda tangan  kontrak kerja, hal ini sangat merugikan anda sebagai pekerja, pastikan anda telah melakukan perjanjian kontrak kerja dengan perusahaan terkait sebelum melakukan pengunduran diri dari pekerjaan sebelumnya.

Banyak dari hal diatas sangat sering terjadi pada pencari kerja, mereka tergiur akan janji dari sebuah perusahaan tanpa berpikir panjang namun setelah dia mulai bekerja dan mendapatkan gaji yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan, jadi pastikan anda sudah menandatangani kontrak kerja sebelum bekerja karena kontrak memiliki kekuatan hukum tinggi jika tidak direalisasikan.

4. Kolega pada internal Perusahaan.

Mempunyai partner kerja pada perusahaan tujuan merupakan hal yang sangat penting terutama dalam menjadi kondisi yang kondusif di tempat kerja, patner anda akan memberikan penjelasan tentang keadaan perusahaan, hal inj akan memberikan semangat baru. 

Patner disini dimaksud adalah anda memilki teman yang bekerja ditempat tujuan anda bekerja, hal ini bertujuan sebagai promosi kinerja anda sebelum diterima dan sebagai bahan acuan dan perbandingan dengan perusahaan tempat anda bekerja saat ini.

0 Response to "5 Hal yang harus diperhatikan sebelum pindah kerja"

Posting Komentar