Tata cara berwudhu

http://ibadahakherat.blogspot.com/2015/02/tata-cara-berwudhu.html

Berwudhu adalah syarat syahnya shalat dan wudhu juga adalah salah satu dari cara kita bersuci dari hadats kecil oleh sebab itu perlu kita pahami dan mengerti rukun-rukun wudhu sehingga akan menjadi bagian yang sangat penting dalam menunjang syarat syah nya shalat. jika dalam berwudhu kita tidak sesuai dengan rukunnya maka wudhu kita tidak sempurna begitupun shalat, karena syarat syahnya shalat adalah wudhu.


Artinya : 
" Hai orang-orang yang beriman jika engkau hendak melaksanakan shalat, basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku dan basuhlah kepalamu dan basuhlah kedua kakimu sampai dengan mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan dan tidak menemukan air, maka bertayammumlah dengan air yang bersih, dan sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu, sesungguhnya Allah tidak menyulitkanmu, sesungguhnya hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu agar kamu bersyukur .(QS. Al.Maidah 5-6 )
Diantara rukun wudhu ada 6 (enam) adalah sebagai berikut :

1. Niat

Niat adalah rukun pertama wudhu yang dilakukan pada saat kita membasuh muka dan saat itu kita membaca lafadz niat sebagai berikut : 

http://ibadahakherat.blogspot.com/2015/02/tata-cara-berwudhu.html

Artinya :
        "Saya berniat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu, karena allah Ta'la

2. Membasuh Muka

Membasuh muka dimulai dari muka bagian atas dan diratakan langsung ke bawah, hal ini kita lakukan tiga kali berturut-turut, karena muka adalah cerminan seseorang atau menjadi icon orang tersebut maka orang yang sering berwudhu di hari kiamat nanti mukanya akan berseri-seri. 

Membasuh  muka dimulai dari muka bagian atas dibatasi oleh bagian kepala tempat tumbuhnya rambut dan bagian samping di bawah kedua telinga dan yang berada di bawah berbatasan dengan dagu atau lebih afdol di bawah dagu.

3. Membasuh Lengan

Membasuh lengan dimulai dari ujung jari sampai dengan siku, dan cara ini dilakukan tiga kali berturut-turut dengan mendahulukan yang kanan di atas yang kiri, yang hal tersebut adalah dianjurkan dalam islam. 

Dalam hal ini kebanyakan dari kita umat islam membasuh lebih jauh dari siku demi menghindari agar semua anggota lengan terbasuh semua sehingga menjadi kesempurnaan dalam berwudhu. 

4. Membasuh Sebagian Kepala

Membasuh sebagian kepala adalah dilakukan walaupun selebar ubun-ubun atau dapat dilakukan dengan membasahi sebagian kepala dengan rambut paling sedikit 3 helai rambut. 

5. Membasuh Telapak Kaki

Membasuh kaki dari jari kaki hingga ke mata kaki, bagian yang ini adalah bagian yang harus lebih diperhatikan karena kaki yang selalu menjadi pijakan pertama di tanah dan lebih rentan terhadap hadats dan nakjis, oleh sebab itu diupayakan untuk membasuh kaki lebih teliti sampai ke jari-jemari kaki, dan ini dilakukan 3 kali bagian kiri dan tiga kali bagian kanan.

6. Tertib

Melakukan semua rukun wudhu secara teratur yang dulu didahulukan yang akhir diakhirkan, dan jangan pernah di lompat, harus dilakukan secara teratur.

Catatan :
Semua organ tubuh yang dibasuh dilakukan masing-masing 3 kali.
adalah: NAWAITUL WUDHUU'A LIRAF'IL HADATSIL ASHGHARI FARDHAN LILLAA

Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin
adalah: NAWAITUL WUDHUU'A LIRAF'IL HADATSIL ASHGHARI FARDHAN LILLAA

Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin


Copy and WIN : http://bit.ly/copynwin

0 Response to "Tata cara berwudhu "

Posting Komentar