Bersuci

<a href=”http://www.lomboklinks.com”>lombok travel</a>
Bersuci yang akan saya rincikan adalah bersuci dari hadats dan nakjis, baik itu hadats besar ataupun hadats kecil, dalam pelaksanaannya dapat dilakukan berupa mandi ataupun berwudhu. 
dalam sebuah hadits kita temukan bahwa : 

" النظا فت من الا يما ن "

annazkha fatuminal iman

" kebersihan itu sebagian dari iman"

dari hadits diatas dapat kita uraikan bahwa besarnya iman seseorang bisa diukur dari kebersihannya dan kemampuannya dalam menjaga diri dari kebersihan lahir atau badannya. 

" ان الله يحب التو ا بين و يحب ا لمتطهرين "

innallaha yuhibbuttawwaabii'na wa yuhibbulmutathakhiriina 
" Allah mencintai orang yang bertaubat dan orang yang mensucikan diri....QS. AL Baqarah : 222 )
Definisi Bersuci menurut Al Qur'an  dan Hadits 

Bersuci adalah  menghilangkan perkara/masalah/halangan yang menghalangi seseorang untuk melakukan shalat, tawaf dan membaca alqur'an. hukum dari bersuci dari hadats adalah wajib dalam rangka menjadi syarat sahnya melakukan shalat sedangkan hukum bersuci dari nakjis adalah wajib berdasarkan kemampuan seseorang, jika terdapat nakjis dibadan maka sebaiknya melakukan mandi untuk membersihkan nakjis diseluruh anggota tubuh yang tidak diketahui dan jika itu berada di pakaian maka diharuskan untuk mencucinya atau menggantinya dengan yang lain dalam melakukan shalat atapun tawaf. 

Tata Cara Bersuci

Mandi 

Mandi adalah cara bersuci yang dilakukan ketika seseorang berada dalam posisi berhadats besar misalnya keluar air mani atau bersetubuh, haid atau nifas, maka diwajibkan bagi mereka untuk melaksanakan mandi junub ataupun mandi bersih dan sebelum melaksanakan shalat dia harus berwudhu

Wudhu

Wudhu adalah media atau cara bersuci dari hadats kecil yang berupa buang air besar, buang air kecil, kentut dan lain sebagainya. berwudhu juga menjadi syarat sahnya shalat, sehingga tidak diterima shalat seseorang ketika dia tidak berwudhu.

Definis Hadats berdasarkan kadarnya dan Nakjis.
 Hadats Kecil 

adalah suatu kondisi dimana seorang umat muslim harus melakukan wudhu atau perkara yang menyebabkan orang harus berwudhu ketika dia melaksanakan shalat, tawaf dan menyentuh dan membaca Al-Qur'an, hal tersebut berupa buang air kecil, buang air besar, kentut dan lainnya, dalam hal ini kaum muslim hanya diharuskan untuk melakukan wudhu tanpa harus mandi.

Hadats Besar 

adalah suatu kondisi dimana seorang umat muslim harus melakukan  mandi dan berwudhu atau perkara yang menyebabkan orang harus mandi dan berwudhu ketika dia melaksanakan shalat, tawaf dan menyentuh dan membaca Al-Qur'an, hal tersebut berupa Keluar air mani atau bersetubuh, haid ataupun nifas maka dalam hal ini dituntut kaum muslim untuk melakukan mandi junub dan selanjutnya harus berwudhu sebelum melaksanakan shalat. 
 
Nakjis

Adalah suatu benda atau kotoran yang melekat baik itu di badan ataupun di pakaian yang menyebabkan seseorang harus mensucikan dulu tubunya dari nakjis dan juga perlengkapan yang digunakan sehingga dia sudah cukup bersih dari hadats dan nakjis dalam melaksanakan shalat, tawaf dan membaca al-qur'an.

0 Response to "Bersuci "

Posting Komentar