Rukun Islam

http://ibadahakherat.blogspot.com/2015/02/rukun-islam.html
Rukun islam adalah kewajiban bagi seseorang yang mengaku sebagai muslim dan harus taat dan patuh terhadap rukun islam dan menjalankannya sesuai dengan perintah Allah subhanawataala dan rasulNya Muhammad Saw.

Rukun islam sebagai bentuk kepatuhan dan ketaatan umat dalam menjalankan hal yang telah disyariatkan dalam Qur'an dan Hadits dan tentunya kita harus menjalankan apa yang menjadi kewajiban yang harus kita tegakkan sebagai pengabdian kita kepada Allah dan RasulNya. 

Diantara rukun islam berikut saya jelaskan dengan terperinci sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rasulullah SAW :

Mengucapkan dua kali Syahadat. 

Mengucapkan dua kali syahadat adalah bukti nyata bahwa seseorang telah memproklamirkan diri memeluk agama islam, dan dengan mengucapkan dua kali syahadat didepan saksi dan tokoh agama, seseorang dianggap muallaf atau orang yang masuk islam. 

tetapi dalam kontek lain seperti islam keturunan, tidak adanya konteks untuk mengucapkan dua kali syahadat di depan para saksi tetapi setelah seorang anak itu lahir sudah di azankan dan sekaligus dia adalah pemeluk agama islam yang syah dengan menjalankan semua perintah dan menjauhi segala larangan. 

اشهدان لا إله إلا الله و أشهد إن محمد رسول الله 

Assyhaduallailahaillallahu wa assyhaduanna muhammadur rasulullah 
Artinya : "Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah dan Muhammad itu utusan Allah "

Shalat Lima waktu 

Rukun yang kedua adalah menjalankan shalat lima waktu dalam sehari, yang terdiri dari : 
Subuh : 2 rakaat dan dikerjakan sebelum waktu fajar atau untuk waktu di indonesia bagian tengah adalah sekitar jam 05 WITA  sampai dengan jam 06 WITA  pagi. 
Dzuhur : 4 rakaat yang dikerjakan ditengah hari dengan waktu sekitar jam 12.30 WITA sampai dengan 15.30 WITA. 
Ashar  : 4 rakaat  dikerjakan setelah shalat dzuhur sampai petang hari sekitar jam 18.00 WITA
Magrib : 3 Rakaat dikerjakan setelah waktu ashar dan sampai menjelang isya 18.0 WITA sampai dengan 19.30  WITA menjadi waktu shalat terpendek.
Isya : 4 Rakaat dikerjakan dari jam 19.30 sampai dengan jam 05.00 pagi dan menjadi waktu shalat terpanjang sampai dengan dini hari

Puasa di bulan Ramadhan 

Berpuasa di bulan ramadhan sebulan penuh adalah kewajiban bagi umat islam untuk mentaatinya sebagai gambaran bahwa betapa sakit dan laparnya saudara kita yang fakir dan miskin diluar sana agar kita dapat merasakan apa yang mereka rasakan sehingga memberikan kita sifat rasa kasih sayang dan memberikan shadakah untuk kaum-kaum yang tidak mampu. 

puasa wajib ini dilakukan dari 01 Ramadhan sampai dengan 30 Ramadhan, dengan melakukan beberapa sunah dimalamnya untuk menambah ketakwaan kepada Allah dan RasulNya, dan puasa ini akan diakhiri dengan hari kemenangan yaitu Lebaran

Berzakat

Berzakat adalah kewajiban bagi kaum muslim yang memiliki kelebihan harta untuk menzakatkan ke baitull mal dan diserahkan kepada fakir miskin dan anak yatim, adapun zakat itu ada berbagai macam diantaranya zakat fitrah, zakat mal, zakat perhiasan dan lain sebagainya. 

Berhaji ke baitullah bagi orang yang mampu 

berhaji adalah kewajiban yang terakhir bagi umat islam untuk memenuhi tetapi bagi kaum yang sudah mampu baik itu materi dan non materi, karena perjalanan ke baitullah adalah perjalanan yang panjang dengan bertemu berbagai macam umat muslim di seluruh dunia untuk menjalankan syariat Allah dan RasulNya

Berhaji ke Mekkah al Mukarromah adalah impian bagi kebanyakan umat muslim di seluruh indonesia karena merupakan kewajiban penutup sebagai muslim adapula kebanyakan umat menjual segala harta bendanya demi menunaikan rukun islam yang terakhir ini.



0 Response to "Rukun Islam "

Posting Komentar