Nama-Nama Malaikat beserta tugasnya

http://ibadahakherat.blogspot.com/2015/02/nama-nama-malaikat-beserta-tugasnya.html
Malaikat adalah bala tentara Allah yang melakukan tugasnya sebagaimana yang Allah perintahkan kepadanya dan tiada mereka pernah membangkang terhadap perintah Allah, malaikat diciptakan dari cahaya (an-nur) dan termasuk mahluk Allah yang ghaib atau tidak bisa dilihat oleh kasat mata manusia.

سَوَاء مِّنكُم مَّنْ أَسَرَّ الْقَوْلَ وَمَن جَهَرَ بِهِ وَمَنْ هُوَ مُسْتَخْفٍ بِاللَّيْلِ وَسَارِبٌ بِالنَّهَارِ ﴿١٠﴾ لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِّن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللّهِ . 

 Artinya :
“Sama saja (bagi Tuhan), siapa di antaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus-terang dengan ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari. Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah”. (QS. Ar Ra’du: 10-11)

Malaikat telah menemani anak adam sejak meraka ada di dunia ini sampai dengan, dari awal penciptaan manusia, dari air mani, alam rahim, di dunia, dalam ajal dan sampai alam kubur serta negeri akherat kelak. Mereka berdiri di sisi anak Adam pada awal penciptaannya.

Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

وكَّل الله بالرحم ملَكاً ، فيقول : أي رب نطفة ؟ أي رب علقة ؟ أي رب مضغة ؟ فإذا أراد الله أن يقضي خلقها قال : أي رب ذكر أم أنثى ؟ أشقي أم سعيد ؟ فما الرزق ؟ فما الأجل ؟ فيكتب كذلك في بطن أمه . رواه البخاري ( 6595 )  ومسلم ( 2646 ) واللفظ للبخاري .

Artinya :
"Allah mengutus pada setiap rahim seorang malaikat, seraya berkata: Ya Allah, nutfah(air mani) ?, Ya Allah ‘Alaqah (segumpal darah)?, Ya Allah Mudhghah (sekerat daging)?, dan jika Allah ingin menyempurnakan penciptaan-Nya, malaikat tadi berkata: Ya Allah laki-laki atau perempuan ?, Sengsara atau bahagia ?, Berapa rizekinya ?, Kapan ajalnya ?, maka ia menulis hal tersebut di dalam perut ibunya”. (HR.Bukhori 6595 dan Muslim 2646, redaksi hadits di atas milik Bukhori)

10 Malaikat beserta tugas-tugas yang Allah perintahkan kepadanya :


 1.  Jibril bertugas Membawa wahyu

Adalah bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul dan dia adalah media penyampaian perintah Allah kepada Rasul-Nya, tetapi setelah Nabi Muhammad wafat maka tugas jibril sebagai berikut : 
1. Mengangkat keberkahan dari muka bumi, sehingga orang tidak lagi percaya akan berkah dari  
    nikmat yang Allah berikan. 
2. Mengangkat cinta di hati para mahluk maksudnya cinta suci dari para mahluk kepada Allah SWT
3. Mengangkat kasih sayang dari para kerabat.
4. Mengangkat sifat adil dari para pemimpin atau pemerintah 
5. Mengangkat rasa malu dari perempuan sehingga dia akan berpenampilan mencolok. 
6. Mengangkat rasa sabar dari kaum fakir
7. Mengangkat sifat pemurah dari para orang kaya
8. Mengangkat sifat wara' ulama sehingga menjual ilmunya untuk kepentingan pribadinya. 
9. Diangkatnya al-Qur'an dari bumi sehingga tidak ada yang bisa membaca al-Qur'an 
10. Mengangkat iman dari bumi, ini adalah awal dari kiamat,


2. Mi'kail bertugas Menurunkan Hujan dan Rizki 


Rizki  dan hujan diturunkan oleh malaikat mi'kail atas perintah Allah SWT, tetapi kebanyakan manusia jika hujan diturunkan mereka merasa kecewa padahal mereka tidaklah itu adalah bagian dari rizki dari Allah SWT. 
3. Ishrafil bertugas meniup Sangkakala atau terompet 

Malaikat yang akan meniupkan terompet besar yang akan terdengar di seluruh negeri  dan juga oleh semua penghuni kubur sebagai pertanda bahwa hari kiamat atau hari pembalasan telah datang kepadanya.
4. Izrail bertugas mencabut segala nyawa

 Malaikat yang paling kejam dan tidak pandang bulu, sebagaimana disebutkan bahwa saat manusia nyawanya dicabut seumpama seratus tusukan pedang, semakin jahat perbuatan orang didunia semakin kejam dia akan mencabut nyawa orang tersebut.
5. Ridwan bertugas menjaga pintu syurga 

Malaikat yang menjaga pintu syurga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, yang semua umat manusia ingin menjadi penghuni di dalamnya dan akan kekal selama-lamanya.
6. Malik bertugas menjaga pintu neraka

 Malaikat yang menjaga pintu neraka yang di dalamnya berisi manusia-manusia kafir, membangkang dari perintah allah dan bahan bakarnya dari manusia itu sendiri dan kekal abadi di dalamnya. 
7.Raqib mencatat amal baik manusia

Malaikat yang bertugas mencatat kebaikan manusia yang berada di samping kanan kita, jika kita berniat berbuat baik itu sudah masuk dalam catatan meskipun belum dilakukan, tetapi jika kita berniat melakukan kejahatan belum masuk dalam catatan Malaikat Atid 
8. Atid bertugas mencatat perbuatan jahat atau buruk manusia 

Malaikat yang bertugas mencatat keburukan manusia yang berada di sebelah kiri manusia, dan ingatlah ia akan selalu ada sampai akhir hayatmu nanti, bahkan di akherat kelak, 
9. Munkar bertugas bertanya dalam kubur 

Menurut sebuah riwayat bahwa malaikat munkar agar mempertanyakan semua tentang perbuatan kita selama hidup di dunia dan  dia akan datang saat manusia dimasukkan ke alam kubur, dia akan datang bagaikan kan gempa dan petir langkah kakinya sehingga manusia akan merasa ketakutan 
10. Nakir bertugas menyiksa atau memukul manusia dalam kubur

Malaikat nakir siap menunggu manusia di dalam kubur untuk disiksa berdasarkan perbuatannya didunia dan dia akan disiksa hingga hari kiamat tiba, alam kubur adalah alam penantian. 

0 Response to "Nama-Nama Malaikat beserta tugasnya"

Posting Komentar