Beda Hijab dengan Jilbab

APA BEDANYA YA?

Apa bedanya Hijab & Jilbab?

Hijab (bahasa Arab: حجاب ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yg berarti penghalang. Di beberapa negara berbahasa Arab serta negara Barat, kata “hijab” lebih sering merujuk kepada kerudung yg digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk pada tata cara berpakaian yg pantas sesuai tuntunan agama.

Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum, bisa berupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, & pembatas atau aling-aling lainnya.

Apa itu jilbab?

jilbāb (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki & wajah yg biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab (dalam arti seperti ditunjukkan dalam pengertian hijab diatas).

Jadi, jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Hal ini tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59 :
“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”

Kita sering salah arti, jilbab itu bukan hijab melainkan pakaian longgar.

Lalu, apa itu khimar?

Khimar atau khumur atau kerudung/kudung di dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31, “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya."
(TQS. An Nuur :31)

Khimar menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan.
Khimar seringkali disebut kerudung, tapi sebenarnya berbeda. Perintah Khimar terdapat dalam QS An-Nur ayat 31. Khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka.

Apa beda khimar dan kerudung/kudung?

Kerudung hampir mirip dengan khimar, namun kerudung tidak dianjurkan dalam Islam. Sebab, desain kerudung cuma sebagai penutup kepala saja. Kerudung yang hanya sebagai penutup kepala, tidak sepanjang khimar yang mampu menutupi dada wanita sekaligus.
.

.

0 Response to "Beda Hijab dengan Jilbab"

Posting Komentar