PENETAPAN AWAL RAMADHAN 2015

Kembalilah kita kepada bulan yang paling berkah diantara bulan-bulan lainnya yaitu bulan ramadhan, bulan seribu bulan, yang mana pada bulan tersebut diwajibkan bagi umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa, bulan ini merupakan bulan kebersamaan, semua keluarga pulang kampung, sanak saudara berkumpul para saudara TKI dan TKW merenggut harapan bertemu keluarga, melaksanakan ibadah berasama-sama.


Akan tetapi satu hal yang selalu menjadi fenomena setiap tahunnya terutama kita yang berada di indonesia adalah menentukan awal dan akhir ramadhan, hal ini selalu membuat kaum kita deg-degan kapan ya ramadhan dan kapan ya Lebaran, uh memang memberikan surprise seperti kata orang inggris banget deh. 

Menurut berita yang saya kutip bahwa Badan Penerbanga dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan beberapa ahli almanak hijriah telah berpendapat dan menyebutkan bahwa pada tahun 2015 ini bulan ramadhan akan jatuh pada tanggal 18 Juni 2015 dan berakhir pada tanggal 17 July 2015 yang berarti bahwa kita akan melaksanakan puasa selama 29 hari. 

Menurut ketua dari LAPAN " Thomas Jamaludin" menyebutkan bahwa untuk tahun 2015 sampai dengan tahun 2022 akan terjadi kesamaan dalam menentukan hari raya idul fitri dengan awal ramadhan, kesamaan akan terjadi antara dua aliran yaitu Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama, akan tetapi dalam menentukan hari raya idul adha akan terjadi kesamaan pada tahun 2016 hingga tahun 2022. 

Berdegub hati saya mendengarkan penuturan dan bapak ketua LAPAN, akan tetapi dari semua pendapat tersebut di jabarkan atas dasr penelitian keadaan bulan pada minggu-minggu ini yaitu keadaan bulan yang sangat tinggi. 

Disamping itu juga, awal ramadhan dan awal lebaran tetap akan ditentukan oleh keadaan Hilal atau Bulan pada saat akhir sya'ban, jika bulan muncul pada akhir sya'ban menentukan bahwa keesokan harinya kita harus berpuasa, akan tetapi jika tidak muncul, maka harus menunggu lagi. 


Penting
" Awal Ramadhan akan ditentukan oleh kemunculan Bulan Baru di akhir Sya'ban" 

Kita  berharap sebagai umat islam didunia dapat melaksanakan ibadah puasa berbarengan sehingga akan terdengar gemuruh takbir yang menggelegar ke angkasa menandakan kemuliaan dari bulan ramadhan yang telah di anugerahkan oleh sang kholik. 

Namun untuk sementara awal puasa akan dimulai pada tanggal 18 Juni 2015. selamat menunggu hari-hari kebersamaan di bulan yang penuh berkah

0 Response to "PENETAPAN AWAL RAMADHAN 2015"

Posting Komentar