Hama terbesar dan ditakuti para petani padi

Hama merupakan musuh besar para petani dalam melakukan proses bertani, berbagai macam masalah telah banyak ditemui yang pada dasarnya menjadi hambatan terbesar dalam mendapatkan hasil pertanian yang melimpah.

Hama-hama yang muncul telah memiliki cara untuk mengatasinya dengan cepat berupa insektisida dan juga pestisida, adapun beberapa hama tersebut dan target yang diinginkan pada padi :

1. Tikus

Merupakan hama yang cukup cerdik dalam memakan biji padi, bersumbunyi dibalik lobang memberikan kesulitan bagi para petani dalam membasmi hama ini akan tetapi pemerintah telah membantu menyelesaikan permasalahan petani lewat produk pestisida pembasmi tikus.

2. Belalang

Pada dasarnya hama ini mengincar daun padi yang masih muda sebagai santapan empuknya, secara alami belalang bisa si basmi dengan adanya katak sebagai predatornya akan tetapi sekarang ini reproduksi katak sudah terhambat dikarenakan banyaknya pemburu katak sebagai bahan makanan sehingga sukit sekali kita temukan katak diberbagai area persawahan.

3. Wereng

Hama yang satu ini memang sudah sangat identik dengan para petani, hana ini dapat menghinggapi berbagai macam tanaman baik itu padi, pisang dan juga berbagai macam produk pertanian dan perkebunan, hama ini terbilang sangat sulit untuk diidentifikasi kapan dan dimana dia akan berulah.

Kebanyakan yang ditemukan saat para petani memasuki musim panen saat padi mulai keluar bijinya, ini membuat para petani kehilangan akal akan tetapi hama ini sudah bisa ditanggulangi dengan baik berkat edukasi dari departemen pertanian dengan pendekatan denga para petani.

4. Walang Sengit

Memiliki tujuan yang sama selayaknya belalang akan tetapi walang sengit hidup dalam kelompok besar sehingga untuj membasminya kita harus lakukan secara terus menerus, akan tetapi lini para petani sudah lega dengan adanya insektisida sebagai racun pembasmi hama belalang dan walang sengit.


0 Response to "Hama terbesar dan ditakuti para petani padi"

Posting Komentar