Tips Menjaga AKI motor agar awet

Aki motor berfungsi sebagai sumber kelistrikan bagi sepeda motor anda, selain sebagai pembangkit atau sumber listrik pada motor, AKI juga dijadikan sebagai asumsi mudah dalam menyalakan motor saat menyalakan sepeda motor yang merupakan fungsi utama starter tangan.

AKI yang seyogyanya mampu memberikan daya listrik bagi motor anda telah di atur berdasarkan asupan dan daya yang dimiliki cukup dan mampu menghasilkan muatan listrik tertentu, oleh sebab itu gunakan daya AKI sehemat mungkin, oleh sebab itu saya melampirkan kiat kiat menjaga dan merawat aki agar bisa bertahan lebih lama :

1. Gunakan Starter Kaki pada saat pertama kali menyalakan motor

Motor yang nyalakan pada saat pertama kali terutama dipagi hari membutuhkan daya yang lebih dikarenakan oleh kondisi mesin yang masih belum panas, maka kita dianjurkan untuk menggunakan starter kaki secara manual demi mengurangi daya yang dikeluarkan oleh Aki, hal ini dapat membuat aki tahan lama.

2. Matikan fungsi lampu setelah di gunakan

Kebanyakan dari kita agak lali dalam mematikan fungsi lampu setelah selesai menggunakannya, seperti penggunaan lampu sein atau leting, saya sendiri selalu lupa mematikan selagi berkendara, jadi matikan lampu yang tidak difungsikaan untuk menghemat daya.

3. Jangan menambah beban Aki

Banyak dari para pencinta modifikasi motor menambahkan aksesoris berupa lampu tsmbaha di bagian ban untuk memperindah, akan tetapi hal tersebut bisa menambah konsumsi daya, sehingga aki akan memberikan asupan ke  perangkat barunya. 

Perlu diingat kekuatan aki telah diset oleh praktik dengan konsumsi listrik yang telah diatur dan memiliki masa berlaku yang sudah ditetapkan jadi satu satunyak jalan adalah menghemat penggunaan sehingga umur aki akan lebih lama.

Jagalalah kebersihan aki anda baik permukaan ataupun bagian kabel sehingga aliran listrik tidak tersumbat sehingga tidak memaksa aki anda bekerja lebih berat, selamat mencoba.

0 Response to "Tips Menjaga AKI motor agar awet"

Posting Komentar