Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Mencegah penyakit jantung sejak dini adalah solusi terbaik yang harus dipilih bagi kita masyarakat yang peduli akan penting dan berharganya kesehatan tubuh, bukankah kita telah sering mendengar pepatah lama yang masih teringat dibenak saya bahwa "Mencegah lebih baik daripada Mengobati" lewat artikel ini saya akan membahas lebih terperinci tentang pencegahan dini penyakit jantung.


Sekilas kita akan menapak tilas fungsi utama jantung bagi tubuh manusia, jantung merupakan organ vital manusia yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh, jantung bekerja secara terus menerus sejak manusia hidup hingga akhir hayatnya, demi menjaga kualitas hidup dan kesehatan maka perlu bagi kita untuk mencegah penyakit yang menurut badan kesehatan dunia WHO (world health organization) menyebutkan bahwa penyakit jantung adalah penyakit no 1 yang terbilang mematikan. 
Ada beberapa tips untuk menghindari penyakit ini singgah ditubuh anda :

1. Berolahraga Rutin

Berolah raga adalah aktifitas yang mengasikkan dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama namun sering dilakukan, olahraga dapat menstimulasi metabolisme tubuh melalui keringat yang keluar dan olah raga dapat menstabilkan kinerja jantung pada tubuh kita.

Yang lebih terperinci, jantung pada tubuh kita akan bekerja sebagaimana mestinya jika mendapatkan rangsangan positif dari luar seperti berolahraga dapat menstabilkan aliran darah ke seluruh tubuh, dengan melakukan proses pembuangan cairan metabolisme tubuh berupa keringat dapat mempermudah kinerja jantung, 

2. Kurangi konsumsi daging warna merah

Daging memiliki lemak tidak jenuh yang menghasilkan kolesterol bagi tubuh, kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyempitkan arteri sehingga  memaksa jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

3. Hindari Merokok

Rokok mengandung nikotin dan tar yang bisa menempel di dinding paru paru namun juga dapat mengurangi kualitas oksigen darah sedangkan darah difilter oleh jantung sebelum dipompa keseluruh tubuh, kualitas darah yang penuh dengan kadar nikotin akan memaksa jantung bekerja lebih dalam mendapatkan darah yang memiliki unsur oksigen ysng tinggi

4. Konsumsi buah dan sayuran

Begitu banyak manfaat yang bisa dihasilkan dari buah buahan dan sayuran yang memiliki kadar vitamin yang tinggi dan merupakan sumber mineral bagi tubuh kita. Tidak bisa kita pungkiri bahwa dengan makanan yang sehat akan memberikan dampak yang baik bagi jantung kita. Makanan yang kaya vitamin dan antioksidan membantu jantung dalam mendapatkan darah yang kaya akan oksigen.

5. Hindari Streess

Mungkin ini sebuah fakta yang mengejutkan mengapa stress dapat mengakibatkan penyakit jantung, pusat koordinasi otak terganggu oleh banyaknya pemikiran sehingga akan menekan kerja jantung dalam memompa darah, anda bisa membuktikan dengan memantau detak jantung anda ketika anda memilki beratnya pemikiran, akan dihasilkan detak jatubg dua kali levih cepat dari biasanya atau persis secepat detak jantung saat anda marah dan ketakutan.

Begitu banyak blog yang menjelaskan tentang tips dan trick menjaga kesehatan jantung anda sehak dini yang menjadi acuan dalam menentukan sikap dan gaya hidup sehat.

0 Response to "Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini"

Posting Komentar